Minggu, 10 Maret 2019

REKONSTRUKSI TUBUH, PSK BUKA PENDAFTARAN ANGGOTA BARU




Rekonstruksi Tubuh PSK


Untuk mempertahankan eksistensi dan formula kegiatan sastra di Kaliwungu, Kendal dan sekitarnya, Pelataran Sastra Kaliwungu (PSK) membuka pendaftaran anggota baru pada bulan Maret 2019 ini. Masa pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 Maret 2019 dan ditutup pada 30 Maret 2019. Pembukaan pendaftaran anggota baru ini sebagai upaya mempertahankan eksistensi dan sebagai wadah masyarakat dalam menyalurkan bakat dibidang seni sastra dan pendidikan.

“Ya, PSK di usia yang ke-7 tahun ini membuka pendaftaran anggota baru bagi siapa saja yang mau belajar bersama, mencintai, menekuni dan mengapresiasi karya sastra. Selain itu, PSK juga berusaha mewadahi masyarakat di Kaliwungu dan Kendal umumnya yang memiliki kemampuan atau minat terhadap sastra, tutur Bara Lukmana, salah satu Pegiat PSK di sela-sela rapat intern “Rekonstruksi Tubuh PSK, Jum’at malam (8/3) di Kopi Sufi Brangsong Kendal.

Suasana Rekonstruksi Tubuh PSK


Seperti diketahui, Pelataran Sastra Kaliwungu merupakan Komunitas yang bergerak dibidang sastra, budaya dan pendidikan. Keberadaan PSK memberikan semangat dan angin segar bagi penikmat, pegiat maupun pelaku sastra di Kaliwungu dan sekitarnya. Bahkan beberapa anggota tercatat berdomisili di luar Kaliwungu maupun Kendal.

Pembukaan pendaftaran anggota baru ini dirumuskan dalam rapat intern PSK yang membahas visi-misi komunitas ke depan, program-program dan rekruitmen anggota. Dimana komunitas ini perlu sekali merekonstruksi tubuhnya agar lebih sehat dan terawat.

“Kita sering kali mengadakan kegiatan eksternal, tetapi tubuh kita kurang terawat. Sehingga, kita perlu merekonstruksi tubuh PSK supaya lebih terawat. PSK milik bersama, semua anggota punya tanggungjawab untuk ngurip-nguripi PSK”, Ujar Bahrul Ulum A. Malik, Presiden PSK yang juga Founder Pelataran Sastra Kaliwungu.

Serius membahas Tubuh PSK

Ia menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang nantinya akan dilakukan sebelum resmi menjadi anggota. Yakni, Pertemuan awal yang direncakan tanggal 6 April 2019, dilanjutkan 3 kali pertemuan dengan pembahasan  menganai pengenalan PSK, Perkembangan Komunitas Sastra dan Proses Kreatif. Baru setelah itu, nanti resmi menjadi anggota PSK.

Dalam Rapat Intern “Rekonstruksi Tubuh PSK juga dibahas kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan PSK selain rekruitmen anggota, ada  kegiatan #NgopiSastra yang berisi diskusi, bedah buku, peringatan-peringatan dan perayaan hari-hari bersejarah dalam konteks kesastraan, selanjutnya ada D’RUANG di mana nantinya akan berisi pementasan, pameran panggung ekspresi dan apresiasi sastra, seni, dan budaya.

Lebih lanjut dituturkan Ulum – panggilan akrabnya-, untuk kegiatan rutin PSK diberi nama Kopiah (bisa juga dibaca kopyah) yang berisi kegiatan diskusi kecil-kecilan antar anggota mengenai sastra, seni budaya dan pendidikan. Kopiah sendiri merupakan kegiatan yang bermula dari kegiatan rutin dua mingguan, kemudian terdorong untuk memberinama yang berbau kopi – kesukaan presiden psk. Kopiah juga bisa berarti ngopeni (merawat) ide-ide yang ada di kepala.

“Di samping itu, PSK juga rutin menerbitkan Buletin Sastra D’RUANG tiga bulanan dan penerbitan buku setidaknya setahun dua kali. Semoga, kedepan PSK bisa menjadi komunitas yang lebih aktif berproses dan berkontribusi bagi perkembangan seni, sastra dan budaya di Kaliwungu, Kendal dan Indonesia pada umumnya.” tambahnya. (__Anja/PSK)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Susunan Pengurus PSK 2019-2024

Surat Keputusan Pendiri PSK Nomor: 001/PSK/III/2019 Tentang Susunan Pengurus PSK 2019-2014 Penasehat Prof. Dr. Mudjahirin ...